Senin, 12 Oktober 2009

Laporan Penelitian Kerusakan Situs Trowulan

Facebook.com
Minggu, 4 januari 2009 harian Kompas mengawali pemberitaan yang menghebohkan tentang "Situs Majapahit dirusak Pemerintah".

Rabu, 14 Januari 2009 dalam konperensi Pers di kantornya, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wac...ik secara resmi menghentikan Proyek Pembangunan Pusat Informasi Majapahit diTrowulan. Ternyata Pemerintah tidak tahan menghadapi kritik dan tekanan publik yang begitu meluas dari berbagai kalangan masyarakat bahkan konon kabarnya juga ditanggapi serius dari kantor Merdeka Utara.

Selasa, 21 januari 2009 Jero wacik mengeluarkan SK tentang :
1. Status dan penambahan TIM EVALUASI dari 5 orang menjadi 9 orang dan tetap di pimpin oleh Prof. Mundarjito
2. Menyetujui permintaan TIM EVALUASI untuk : a.rehabilitasi situs yang di rusak. b. relokasi PIM. c. redesain atau rancang ulang PIM
3. Evaluasi keberadaan PIM dan konsep Majapahit Park 07
4. Membuat konsep baru tentang PIM dan Majapahit Park

Kamis, 22 Januari 2009 TIM LENGKAP EVALUASI berangkat keTrowulan untuk melakukan peninjauan lokasi proyek dan mengumpulkan data kerusakan

Jumat, 23 Januari 2009 TIM LENGKAP EVALUASI mengumpulkan data kerusakan situs serta melakukan wa...wancara dengan pihak-pihak terkait.

Sabtu, 24 Januari 2009 TIM LENGKAP EVALUASI selesai mengumpulkan data-data yang di perlukan

Kamis, 29 Januari 2009 dari sumber-sumber yang dapat di percaya, departemen kebudayaan dan pariwisata akan dilakukan mutasi beberapa pejabat yang berkaitan dengan kasus ini.
Informasi terbaru dari TIM EVALUASI
Minggu lalu, diperoleh informasi bahwa TIM EVALUASI berangkat lagi ke Trowulan untuk keduakalinya.dan sekarang sudah kembali ke Jakarta. Berikut laporan singkatnya:
1) Keadaan Situs bekas proyek PIM, semakin memp...erihatinkan.
2) Kolom2 Beton dan Pondasi Jalur berbentuk Bintang Majapahit tersebut, yang secara nyata telah merusak situs, masih utuh dan eksis, sedangkan Temuan2 Struktur, Lantai bangunan,dll, terlihat rentan, karana hanya dilindungi oleh plastik tipis yang sangat tidak memadai, dapat dipastikan berpotensi meningkatkan skala kerusakan.
3)Walaupun demikian Tim selesai melakukan Analisis Kerusakan Situs.
4)Tahap pertama yang akan dilakukan adalah REHABILITASI SITUS, meliputi Program Jangka Pendek, Menengah dan Panjang.

Ada beberapa item pekerjaan dari Program Jangka Pendek alias Tanggap Darurat, salah satunya adalah pembuatan Atap Sementara untuk melindungi temuan-temuan tersebut dari hujan lebat yang terus-menerus.

Hari Senin 23 Feb 09, ada pertemuan masalah kasus PIM di DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah RI), memanggil Menteri Jero Wacik beserta jajaran lengkap termasuk Sekjen, Irjen, para Dirjen, sampai Diirektur, dan tentunya Tim Evaluasi yang diwakili... oleh beberapa anggotanya. Pertemuan tertutup, tetapi dari sumber yang layak dipercaya,ada 2 poin penting yang dibicarakan, yaitu: 1) Perkembangan lebih lanjut dari rencana kerja Tim Evaluasi;2) Ini yang paling gresss, JW minta kapada DPD agar menarik kembali laporan pengaduan ke Mabes POLRI tentang pertanggungjawabnya selaku menteri atas kerusakan situs yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

siap berkontribusi?