Selasa, 13 Oktober 2009

Pembangunan Taman Majapahit Rusak Situs Majapahit?

Kompas-TV.com
Rabu, 07 Januari 2009

Lokasi Taman Majapahit yang berada di kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur tepatnya lokasi ini berada di samping museum Trowulan. Pembangunan Taman Majapahit, yang diharapkan dapat menggali dan menunjukkan peninggalan Majapahit justru malah merusak peninggalan yang selama ini terpendam.

Kerusakan ini terjadi saat pembangunan pondasi dan tiang pancang. Kerusakan terjadi karena dibawah bangunan ini justru banyak ditemukan peninggalan Majapahit.

Pembangunan pondasi Taman Majapahit ini diperkirakan banyak merusak struktur bangunan pondasi kuno. Pihak kontraktor justru merusak situs kuno tersebut. Selain pembangunan Pondasi, pemasangan tiang pancang yang tidak memperhatikan keberadaan situs yang ada banyak menyebabkan situs yang terpendam rusak.

Anang wahyu rkeolog koordinator pembangunan Taman Majapahit, balai pelestarian peninggalan purbakala mengatakan kondisi yang terjadi bukanlah untuk merusak situs. Justru pembangunan ini bertujuan untuk menggali situs Majapahit yang terpendam dan menunjukkan peninggalan Majapahit secara komperhensif kepada masyarakat. Seluruh situs yang ditemukan akan dikembalikan lagi ke tempat semula setelah pembangunan atap Taman Majapahit selesai.

Anang Wahyu membantah jika pembangunan taman majapahit dihentikan karena dianggap merusak situs. Menurutnya pemberhentian proyek merupakan tahap awal pembangunan yang kontraknya habis pada bulan Desember 2008 dengan nilai pembangunan Rp 3 milyar rupiah.

Anang meyakini rencana peresmian Taman Majapahit tetap akan terealisasi sesuai jadwal.

| Reporter/Kamerawan/Penulis:Tomo| Editor Video:XXXTeddy | VO : Maya, Yosie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

siap berkontribusi?