Selasa, 13 Oktober 2009

Pembangunan Taman Majapahit Akan Direlokasi

Kompas-TV.com
Rabu, 14 Januari 2009

Tim Evaluasi Direktorat Purbakala Indonesia memutuskan untuk merelokasi pembangunan Pusat Informasi Majapahit (PIM) di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

Pembangunan pusat informasi yang menuai protes dari banyak kalangan karena dinilai merusak ini pun telah dihentikan. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata di Jakarta, Rabu pagi.

Relokasi akan dilakukan di lokasi yang masih ada di situs Trowulan, namun kadar situsnya sudah tak terlalu banyak dan sudah rusak. Untuk memperbaiki kerusakan situs kerajaan Majapahit akibat pembangunan ini juga akan direhabilitasi dan direkonstruksi.

Dengan anggaran Rp 3 miliar, Jero Wacik yakin pembangunan Pusat Informasi Majapahit yang diresmikan tanggal 3 November 2008 ini akan berhasil.

Untuk melanjutkan pembanguan Pusat Informasi Majapahit ini, menurut Jero Wacik juga akan dibentuk tim kerja dan evaluasi yang anggotanya para arkeolog.

Tim tersebut bertugas mencari lokasi yang tepat untuk melanjutkan proyek ini. Tim kerja juga akan melakukan sayembara bangunan taman Majapahit bagi arsitektur.

| Rep/Kam:Budhi | Penulis:Santoso | Editor Video:Ganda | VO:Maya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

siap berkontribusi?